Home » Manajemen Pemasaran » Chocolate War

Chocolate War

19 March 2012

Chocolate War

(Topik kuliah Manajemen Pemasaran 13 Maret 2012)

Pertarungan antara Hershey dan Mars.

The Hershey Company adalah produsen coklat terbesar di Amerika Utara, dengan pusatnya di Pennsylvania.  Didirikan oleh Milton Hershey tahun 1894. Merupakan perusahaan public. Produk Hershey dijual di lebih dari 60 negara seluruh dunia.

Mars, Inc., merupakan produsen permen dan coklat, didirikan di Amerika tahun1911 oleh Frank C. Mars. Mars, Inc. merupakan perusahaan keluarga.

Dalam peperangan untuk menempati posisi puncak sebagai produsen coklat terkemuka di Amerika Serikat, kedua perusahaan tersebut saling menggelar strategi, baik di bidang produksi mau pun pemasaran.

Namun pada era 1970-1980-an, keduanya mengalami ancaman yang sama, yaitu kampanye negative tentang konsumsi coklat terhadap kesehatan. Coklat merosot popularitasnya dalam klasifikasi makanan, sehingga dianggap makanan tingkat rendah.

Adanya Godiva Chocolatier (didirikan tahun 1926), produsen coklat yang memiliki konsep terobosan unik, yaitu coklat sebagai makanan yang mencerminkan selera yang anggun dan mahal, membantu mendongkrak popularitas coklat kembali. Godiva memperkenalkan butik coklat dan coklat yang dibuat khusus sesuai permintaan pelanggan.  Pada pasar seperti ini, harga bukan lagi merupakan masalah; semua produk akan dibeli tanpa mempedulikan harga.

Kembali ke perang coklat antara Mars dan Hershey, semakin lama semakin memunculkan banyak varian produk dan diluncurkan dengan berbagai brand, belum lagi dari sekian banyak produsen coklat lain dari seluruh dunia. Walau pun dari segi penjualan Mars dan Hershey bergantian memimpin, dan terakhir masih dipegang oleh Hershey, namun dengan semakin banyaknya brand coklat, maka brand akan kehilangan kepribadiannya (brands will lose their personality).

Hal lain yang patut dicatat adalah pernyataan Frank C. Mars tentang inovasi pada produk-produk coklat perusahaannya, yaitu bahwa bukan tanggapan pesaing yang penting baginya, melainkan tanggapan dari pelanggannya.

Maka Perang Coklat masih akan terus berlanjut….

***End***

Manajemen Pemasaran

Skip to toolbar